Mineral Optik Mikroskop Polarisasi

Mikroskop Poralisasi adalah mikroskop yang digunakan dalam pembelajaran spesimen geologi, khususnya pada pengamatan sayatan tipis dari batuan. Jenis mikroskop polarisasi memiliki bentuk yang hampir sama dengan mikroskop pada umumnya namun pada mikroskop polarisasi cahaya yang digunakan adalah cahaya terpolarisasi. Cahaya terpolarisasi terpusat pada satu arah. Pada mikroskop polarisasi terdapat keping analisator, kompensator, analisator, dan lensa Amici-Bertrand. Tipe mikroskop polarisasi diantaranya Olympus, Reichert, dan Bausch & Lomb.

 Fungsi mikroskop polarisasi dapat diubah dari ortoskop menjadi konoskop atau sebaliknya. Ortoskop menggunakan sinar sejajar, karenanya kristal disinari dengan sinar yang sejajar pula. Sinar ini akan merambat pada arah yang sama dengan arah-arah kristalografi. Ortoskop tidak menggunakan lensa Bertrand dan kondensor.
Pada saat konoskop, baik kondensor maupun lensa bertrand haruslah dimasukkan. Jarak sinar yang masuk merupakan sinar yang konvergen. Hanya bagian tengah jarak sinar yang tegak datangnya sinar-sinar lain akan merambat pada arah kristalografi yang berlainan.  
Lensa Bertrand berperan untuk memperjelas bayangan gambar interferensi pada fokus okuler. Bila gambar interferensi kurang jelas, maka okuler dapat dikeluarkan dari tubus dan diganti dengan diopler (pinhole), sedangkan lensa bertrand ditinggalkan. Berikut perbandingan ortoskop dan konoskop:

No
Bagian
Ortoskop
Konoskop
1
Okuler
Sembarang
Sembarang
2
Lensa Amici Bertrand
Tidak
Ya
3
Analisator
Ya
Ya
4
Kondensor
Sering Tidak
Ya
5
Polarisator
Ya
Ya
6
Cermin
Datar
Cekung

Lensa objektif yang digunakan ortoskop perbesarannya kurang dari 40 kali. Sedangkan konoskop lebih dari 40 kali. Yang diamati dalam sifat optik ini diantaranya warna, pleokroisme, indeks bias, relief, bentuk kristal, belahan, kembar, zoning, tekstur, warna interferensi, orientasi, inklusi, sudut pemadaman, sumbu opti dan tanda optik.

0 Response to "Mineral Optik Mikroskop Polarisasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel