Pengertian Bentang Alam Karst


Karst merupakan salah satu bentang alam yang ada di permukaan bumi ini. Bentang alam karst terbentuk oleh adanya proses karstifikasi pada batuan karbonat dan evaporit yang mudah tersolusi seperti batu gamping, dolomit, marbel, gypsum, dan halite (Veni, 2001; Waltham, 2005; Parise, 2007). Bentang alam karst ini dicirikan oleh adanya aliran-aliran tertelan (sinking stream), goa-goa, bentukan depresi tertutup, singkapan batuan berlubang dan mata air yang besar (Ford dan Williams, 2007).
Karst merupakan istilah dalam bahasa Jerman yang diturunkan dari bahasa Slovenia (kras) yang berarti lahan gersang berbatu. Istilah ini di negara asalnya sebenarnya tidak berkaitan dengan batugamping dan proses pelarutan, namun saat ini istilah kras telah diadopsi untuk istilah bentuklahan hasil proses perlarutan. Ford dan Williams (1989) mendefini-sikan karst sebagai medan dengan kondisi hidrologi yang khas sebagai akibat dari batuan yang mudah larut dan mempunyai porositas sekunder yang berkembang baik.
Menurut Jenning (1971) bentang alam karst didefinisikan sebagai lahan dengan relief dan pola penyaluran yang aneh, berkembang pada batuan yang mudah larut pada air alam dan dijumpai pada semua tempat pada lahan tersebut.
Sedangkan Flint dan Skinner (1977) mendefinisikan bentang alam karst sebagai daerah yang berbatuan yang mudah larut dengan surupan (sink) dan gua yang berkombinasi membentukk topografi yang aneh (peculiar topography) dan dicirikan oleh adanya lembah kecil, penyaluran tidak teratur, aliran sungai secara tiba-tiba masuk kedalam tanah meninggalkan lembah kering dan muncul sebagai mata air yang besar.
Maka Bentang Alam Karst adalah “Suatu topografi yang terbentuk pada daerah dengan litologi berupa batuan yang mudah larut, menunjukkan relief yang khas, penyaluran yang tidak teratur, aliran sungainya secara tiba-tiba masuk kedalam tanah dan meninggalkan lembah kering untuk kemudian keluar ditempat lain sebagai mata air yang besar”.

REFERENSI
Ford, D.C., Williams, P., 2007. Karst Hydrogeology and Geomorphology. John Wiley & Sons. Chichester.
Huggett, Richard. Fundamentals of geomorphology. Routledge, 2011.
Haryono, E., Adji, T.N.,2004. Geomorfologi dan Hidrologi Karst. Bahan Ajar. Kelompok Studi Karst. Fakultas Geografi UGM. Yogyakarta.

0 Response to "Pengertian Bentang Alam Karst"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel